Perawatan Diabetes Di Rumah Efektif Dan Dapat Mencegah Komplikasi Bagi Penderita

Cara Merawat Penderita Diabetes di Rumah Yang Tepat Dan Efektif

53Belakangan ini, jumlah penderita diabetes di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sangat mudah rasanya mendengar seseorang menderita penyakit metabolik tersebut dan bersifat degeneratif. Alasannya tentu tak lain dan tak bukan karena kebiasaan hidup tidak sehat serta pola makan yang salah. Sehingga begitu banyak orang yang membutuhkan perawatan diabetes di rumah. Hal tersebut diperlukan, mengingat penyakit diabetes mellitus tidak sembuh dalam satu ataupun dua hari.

51Seperti yang kita ketahui, penyakit diabetes mellitus sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan proses metabolisme glukosa di dalam tubuh. Kondisi tersebut terjadi karena kelenjar pankreas yang terganggu dan tidak mampu memproduksi hormon insulin secara sempurna. Alhasil, seringkali kita menjumpai penderita diabetes dengan kadar gula darah cukup tinggi. Tanda-tanda tersebutlah yang menjadi pertimbangan perawatan diabetes di rumah.

28Normalnya, kadar gula seseorang hanya berkisar 70 hingga 110 mg/dl. Pada penderita diabetes, kadar gula darah sebelum makan mencapai 110 mg/dl. 29Sedangkan kadar gula darah 2 jam setelah makan mencapai angka 140 mg/dl. Itulah mengapa perawatan diabetes di rumah diperlukan untuk mengontrol kadar gula darah yang cukup tinggi. Tentunya agar tidak terjadi penyakit komplikasi yang membuat mereka harus menelan kekecewaan dengan kesehatan di kemudian hari.

Dalam ilmu kesehatan, perawatan diabetes di rumah . Mengapa demikian? Pasalnya cara perawatan yang sesuai ketentuan akan membuat seseorang terhindar dari gangguan syaraf, katarak hingga gangguan kelihatan. Tak hanya itu, ketika terjadi luka pastinya tidak berkembang ataupun terinfeksi hingga terbentuk borok atau kudis. Beberapa orang menyebut jika luka semacam ini memang sangat tidak nyaman dan sebisa mungkin dihindari penyebab luka itu sendiri.

Untuk mengurangi semua resiko di atas, inilah mengapa beberapa orang menyusun kiat-kiat perawatan. Perawatan diabetes di 32rumahdimaksudkan untuk melatih kemandirian para penderita diabetes tersebut. Semua perlakukan ini menitikberatkan pada cara-cara pengasuhan serta monitoring kadar gula darah para penderita. Bahkan diterapkan pula gaya hidup sehat yang sudah harus dijalani oleh semua penderita diabetes meliitus dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, apa sajakah yang harus dilakukan sebagai cara perawatan diabetes di rumah? Di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah secara benar.

Program Diet Yang Terencana Sebagai Solusi Perawatan Diabetes Di Rumah

26Penderita diabetes sudah seharusnya menjaga pola makan mereka. Bila selama ini mereka doyan mengkonsumsi apapun, kini tak lagi demikian. Pasalnya para penderita diabetes sudah harus mulai memastikan makanan apa saja yang layak dikonsumsi dan apa yang harus dihindari. Perawatan diabetes di rumah umumnya akan menerapkan diet seimbang bagi para penderitanya. Tak hanya itu, jenis makanan pun dibuat bervariasi dan rendah karbohidrat. Selain itu, merekapun harus memiliki jadwal makan yang teratur agar mudah mengontrol kadar gula darah.

Diet rendah karbohidrat dapat diartikan dengan mengurangi asupan karbohidrat itu sendiri. Contohnya saja Anda bisa menghindari konsumsi nasi, tepung, kentang, ubi, dan lain sebagainya. Perawatan diabetes di rumah juga akan meningkatkan konsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran yang tinggi akan kandungan serat. Sumber protein dapat ditemui pada makanan berjenis daging, seperti ayam dan ikan, tahu serta tempe. Jangan lupa untuk menghindari makanan berlemak tinggi, layaknya 13keju, susu tinggi lemak, kuning telur hingga daging berlemak.

 

Konsumsi Obat Teratur Sebagai Salah Satu Perawatan Diabetes Di Rumah

Layaknya penyakit lainnya, penyakit diabetes pun ternyata memerlukan monitoring yang tepat. Para penderita diabetes diharuskan mengkonsumsi obat tepat pada jadwal yang ditentukan. Di samping itu, mereka pun tak boleh mengurangi ataupun menaikkan dosis obat yang dikonsumsi tanpa pengawasan dokter. Bagi mereka yang mendapatkan perawatan diabetes di rumah berbentuk suntikan insulin, ada baiknya bisa melakukan hal tersebut secara mandiri.

J8ika dirasa tidak mampu, meminta bantuan dari tenaga medis di sekitar rumah sangat dianjurkan. Jadwal suntik insulin ini sendiri harus disesuikan dengan jadwal makan sang pasien. Dimana makanan harus sudah tersaji 30 menit sebelum suntikan insulin diberikan. Cara tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi hipoglikemik atau anjloknya kadar gula darah di dalam tubuh. Keluarga serta pasien pun harus memperhatikan tanda-tanda dari perawatan diabetes di rumah bila diarasa tidak cocok.

 

Monitoring Kadar Gula Darah Secara Berjangka Sebagai Perawatan Diabetes Di Rumah

Mengingat penyebab diabetes mellitus adalah kadar gula darah berlebih, ada baiknya para penderita melakukan monitoring kadar gula darah secara berkala. Adapun waktu yang dianjurkan adalah di pagi hari sebelum sarapan serta di malam hari sebelum makan. Kadar gula darah yang diharapkan tentunya berada di kisaran angka 70 hingga 120 mg/dl.

 

Hindari Faktor Resiko Komplikasi Sebagai Solusi Perawatan Diabetes Di Rumah

11Seperti yang kita ketahui, luka yang terbentuk pada penderita diabetes sangatlah sukar sembuh. Perawatan diabetes di rumah diharapkan untuk mengurangi faktor resiko semacam ini. Jika perlu, Anda harus merawat kaki secara benar, seperti menggunakan lotion yang tidak menimbulkan alergi. Pastikan juga kalau kuku kaki Anda tidak terlalu panjang dan rajin dipotong, namun jangan terlalu dalam. Kuku ada baiknya pula dikikir agar ujungnya tidak terlalu tajam ketika bersentuhan dengan kulit.

 

Terapkan Olahraga Teratur Sebagai Cara Perawatan Diabetes Di Rumah

64Olahraga secara rutin diketahui mampu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Pasalnya kadar HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Jenis latihan yang paling dianjurkan dalam perawatan diabetes di rumah adalah aerobik. Contohnya saja bersepeda, berlari, ataupun berenang dan lain sebagainya. Lakukan pemanasan 5 hingga 10 menit dan durasi latihan 30 sampai 40 menit dalam sekali latihan. Akhiri pula dengan pendinginan selama 5 hingga 10 menit.

110Setelah mengetahui pelaksanaan asuhan diabetes, Anda pun perlu mengkonsumsi obat herbal pula. Pilihan paling tepat tentunya adalah TNO, minuman bioaktif yang diproduksi dari ekstraksi buah noni atau mengkudu, blueberry, anggur, cornelian cherry serta buah zaitun. Produk kesehatan dari Morinda ini diketahui mengandung manfaat serta khasiat yang tinggi sebagai pengontrol kadar gula darah. Hal tersebut dikarenakan kandungan iridoidnya yang mampu meningkatkan kolesterol baik di dalam darah sebagai perawatan diabetes di rumah.

250Tak hanya itu, produk inipun dapat digunakan untuk mengompres luka yang terbentuk pada penderita diabetes. Beberapa sumber pun menyebutkan bahwa TNO memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Sehingga sangat mampu menurunkan sekaligus mengontrol kadar gula darah berlebih. Secara tidak langsung, seseorang pun melakukan perawatan diabetes di rumah dengan cara yang aman serta tanpa efek samping.

Sayangnya, produk ini tidak bisa didapatkan secara mudah di pasaran. Sehingga Anda perlu memesan dari tangan distributor terpercaya dan ada di kota Anda. Cara ini dimaksudkan agar tak terjadi pemalsuan atau produk oplos yang sangat mudah dijumpai. Seperti yang kita ketahui, banyak oknum tak bertanggungjawab mencoba memasarkan TNO palsu. Oleh karena itu, dapatkanlah produk asli hanya di http://diabetes-melitus.net/daniel/ untuk perawatan diabetes di rumah

012 Post-Ender

Mohon Isi Nama Panggilan Anda

Mohon Isi Email Anda