Perawatan Pasien Diabetes Di Rumah Lebih Efektif Dan Tepat

53Perawatan Pasien Diabetes Secara Mandiri Lebih Efektif

Deskripsi : diabetes adalah penyakit yang membutuhkan perhatian secara khusus dan berkala. Asal perawatannya tepat pasien diabetes mampu mendapatkan kelangsungan hidup yang lebih baik.

Perawatan pasien diabetes sebetulnya sangat praktis dan mudah dan akan lebih baik jika dilakukan dirumah oleh anggota keluarga sendiri. Mengingat penyakit diabetes melitus ini merupakan penyakit kronis yang diakibatkan 74oleh kegemukan, jarang olahraga, pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. pentakit diabetes melitus ini ditandani dengan naiknya kadar gula dalam darah, penyakit ini juga merupakan penyakit komplikasi paling banyak dengan jumlah penderita yang terus meningkat dalam setiap tahunnya.

Tantangan dalam perawatan pasien diabetes ini adalah jangka waktu yang lama, sehingga kepatuhan untuk tetap disiplin pasien dan perawat sangat diperlukan untuk tetap konsisten menanganinya. 87Tujuan perawatan orang yang terserang penyakit diabetes ini bukan untuk menyembuhkan, sebab jika seseorang sudah terkena penyakit tersebut perawatan pasien diabetes hanya untuk mengurangi evek komplikasi yang diakibatkan penyakit diabetes tersebut.

Pasien penderita diabetes dianggap sehat atau normal apabila kadar gula dalam darah berkisar 70 hingga 110 mg/dl sebelum makan, dan 2 jam setelah makan yakni 120 mg/dl. Pada umumnya perawatan pasien diabetes terdiri dari beberapa cara yakni :

  1. 40Program Diet,  Berbeda dengan program diet penurunan berat badan, diet untuk perawatan pasien diabetes lebih fokus pada diet gula. Diet untukperawatan pasien diabetes bisa dilakukan dengan menjaga pola makan. Makananpun tidak sembarang makanan boleh dimakan. Ada beberapa jenis makanan yang dilarang dalam perawatan pasien diabetes antara lain :

  • Miedownload (22)

  • Nasi

  • Makanan yang mengandung lemak

  • Roti

  • Buah-buahan

  • Makanan siap saji

Sedangkan makanan yang dianjurkan dalam perawatan pasien diabetes adalah :

  • Bayam

  • Dark coklat

  • Kacang-kacangan93

  • Almond

  • Minyak zaitun

  • Ubi jalar

  • Ikan

  • Bluberry

  • Kinoa

  • Bawang putih53

  • Bawang merah

  • Putih telur

  • Oatmeal

  • Tomat

  • Yogurt tanpa lemak

  1. Konsumsi Obat Diabetes Secara Teratur

Penderita diabetes diwajibkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang tepat  dan dilakukan secara teratur. Dosis yang diberikan harus sesuai yang dianjurkan dokter. Untuk itu perawatan penderita diabetes membutuhkan mentor yang mampu mementoring secara tepat. Tidak perlu setiap hari ke rumah sakit, cukup anggota keluarga 48terdekat dan terpercaya untuk melakukannya. Tentu mentor yang ditunjuk sebelumnya telah mendapatkan pengarahan dari dokter yang menangani pasien diabetes.

Agat jadwalnya tepat, siapkan 30 menit sebelum jadwal yang telah ditentukan. Selain untuk ketepatan waktu, cara tersebut dimaksudkan agar dalam 44perawatan pasien diabetes tidak terjadi hipoglikemik atau anjloknya kadar gula dalam tubuh. Perhatian kepada keluarga yang merawat pasien diabetes dirumah, sekiranya dalam perawatan terjadi ketidak cocokan atau justru memperparah penyakit pasien diabetes segera hubungi petugas medis atau datang ke rumah sakit terdekat guna memperoleh informasi terkait perawatan pasien diabetes yang tepat.

  1. Monitoring Kadar Gula Secara Berkala

Mengingat penyakit diabetes adalah penyakit yang menyerang kadar gula darah dalam tubuh manusia, sebagai bentuk perawatan pasien diabetes berlu untuk monitoring atau pengecekan kadar gula secara berjangka.

43Waktu yang digunakan untuk monitoring dalam perawatan pasien diabetes biasanya adalah pagi sebelum sarapan dan malam sebelum makan malam. Kadar gula yang diharapkan berada pada kisaran 70-120 mg/dl.

  1. Cegah Gejala Komplikasi

Pasien diabetes cenderung sering mengalami luka pada bagian tubuh dan sulit sembuh. Conoh kecil adalah luka bekas gigitan nyamuk yang kemudian digaruk sampai mnimbulkan koreng. Apabila tidak di pantau dan ditangani secara serius luka tersebut bisa semakin parah bahkan terjadi kasus amputasi dalam perjalanan perawatan pasien diabetes tersebut. Hal ini tentu dapat dicegah dengan cara sebagai berikut :

  1. 13Pakaika lotion yang tidak menimbulkan alergi. Bila perlu berkonsultasilah pada dokter yang merawat pasien apasaja produk yang tepat dan aman untuk digunakan

  2. Pastikan untuk memotong kuku kaki dan tangan secara teratur. Perhatikan pemotongan kuku. Jangan terlalu dalam karena dapat menimbulkan luka perih yang memungkinkan komplikasi penyakit pasien diebetes tersebut. Anda bisa menggunakan kikir kuku untuk mendapatkan hasil pemotongan yang tepat.

  3. 69Jika sudah terjadi luka, perhatikan dan tangani dengan serius. Mintalah petunjuk pengobatan pada ahli atau dokter yang menangani pasien diabetes

  1. Terapkan Hidup Sehat Dengan Olahraga Teratur

Olahraga secara rutin sangat dianjurkan untuk perawatan pasien diabetes. Olahraga diketahui mampu untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh pasien diabetes. Jenis olahraga yang disarankan dalam perawatan pasien diabetes adalah aerobik, bersepeda, lari, ataupun berenang. Anda tidak perlu khawatir sebab olahraga dalam perawatan pasien diabetes cukup dilakukan antara 30-40 menit dalam sekali sesi latihan. Bila anda sebelumnya berat melakukan olahraga, lakukan 32untuk pembiasaan secara berkala. Mulai dari seminggu sekali, dua kali dan rutinkan secara terus menerus. Motivasi berolahraga sendiri paling baik jika muncul dari dalam diri sendiri, yakni untuk perawatan pasien diabetes demi kelangsungan hidup yang lebih baik.

Perawatan Luka Pasien Diabetes

Kasus yang sering ditemukan dalam perawatan pasien diabetes ini adalah luka pada kaki yang sulit disembuhkan. Sebenarnya mudah dan simpel asal tahu caranya. Masalah pada kaki pasien diabetes ini disebabkan oleh dua hal :

  1. Aliran darah yang buruk, Hal ini terjadi karena kerusakan pembuluh darah yang oleh terlalu lamanya kadar gula yang tinggi dalam tubuh pasien, jelas aliran darah akan terganggu. Hal ini akan menyebabkan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesembuhan luka terhambat. Jadi luka pada kaki pasien diabetes menjadi sulit disembuhkan

  1. Kerusakan syaraf, Akibat dari terlalu lamanya kadar gula yang tinggi bersemayam dalam darah, akan berakibat pada kerusakan syaraf. Syaraf yang rusak akan membuat pasien diabetes tidak peka akan rasa sakit download (25)yang terjadi pada luka tersebut :

  • Pengobatannya adalah dengan cara mencuci kaki dengan sabun dan air hangat, setelah itu keringkan dengan handuk sampai benar-benar kering. Tempat yang luput dariperhatian biasanya adalah sela-sela jari kaki. Jadi periksa ulanglah sampai seluruh bagian kaki dan area sekitarnya benar-benar kering. Hal ini dimaksudkan agar dalam perawatan pasien diabetes luka pada kaki tidak terserang jamur.11

  • Kulit kering juga mampu mempercepat penempelan bakteri pada kulit , untuk itu rajinlah mengoleskan lotion atau pelembab pada kulit. Jangan mengoles pada sela-sela jari, juga jangan melakukan perendaman kaki pada pasien diabetes.

  • Tips selanjutnya adalah gunakan alas kaki yang nyaman dalam perawatan pasien diabetes yang mengalami luka pada kaki. jangan memilih alas kaki yang terlalu sempit dan karena akan menimbulkan lecet pada kaki. kemudian untuk menjaga aliran darah lebih teratur jangan melipat kaki terlalu lama.

  • Dalam perawatan pasien diabetes saat memeriksa atau membersihkan kaki perhatikan apakah terdapat bercak merah, kapalan, luka, kuku yang tumbuh menusuk jari, kuku kuning
    250dan rapuh, pembengkakakn kaki, kulit pecah-pecah atau melepuh. Perhatikan juga warna kulit kaki apakah menjadi biru atau htam. Gejala yang muncu seperti yang tersebut diatas merupakan penanda aliran darah yang buruk. Tentu saja hal itu memerlukan penanganan yang segera dan serius.,

012 Post-Ender

Mohon Isi Nama Panggilan Anda

Mohon Isi Email Anda