Perawatan Penderita Diabetes Penting Agar Terhindar Dari Komplikasi

55Perawatan Penderita Diabetes Yang Tepat 

Diabetes merupakan penyakit kronis yang membutuhkan penyembuhan yang terus menerus dan kontrol manajemen penderita serta juga membutuhkan dukungan orang sekitar untuk mencegah komplikasi akut dan untuk mengurangi resiko komplikasi jangka panjang.Perawatan penderita diabetes sangatlah kompleks dan membutuhkan perawatan dan pemantauan ketat dalam rangka mengontrol kandungan glikemik. Glikemik merupakan senyawa yang mempengaruhi tingkat gula darah dan insulin. Indeks Glikemik ini relatif 62terhadap glukosa. Jika angka glikemik ini tinggi, maka makananan tersebut dapat cepat meningkatkan gula darah dan kadar insulin dalam tubuh.

Diabetes sebenarnya adalah tentang gula darah yang terlalu tinggi. Glukosa merupakan tipe gula yang paling banyak kita temui di dalam darah kita yang sekaligus juga merupakan sumber energi kita. Glukosa datang dari apa yang kita makan. Kemudian darah kita membawa glukosa ke seluruh tubuh dan sel – sel tubuh untuk digunakan sebagai energi. Pankreas, organ tubuh yang terletak di antara perut dan tulang belakang, melepaskan hormon yang dibuatnya, disebut dengan insulin, ke dalam darah. download (2)Insulin membantu darah menyebarkan glukosa ke seluruh bagian sel tubuh kita. Terkadang, tubuh kita tidak membuat cukup insulin atau insulin tidak bekerja seperti seharusnya. Lalu glukosa akan tetap berada di sel darah dan tidak berhasil mencapai sel tubuh. Nah, kadar glukosa darah yang sangat tinggi ini dapat menyebabkan diabetes atau biasa disebut prediabetes.

Kita dapat belajar mengenai perawatan penderita diabetes dan mencegah masalah serius yang dapat disebabkan oleh diabetes. Semakin banyak yang kita tau, semakin baik kita dalam mengatur diabetes yang dialami. Karena sebenarnya diabetes merupakan 28penyakit yang tidak bisa disembuhkan tetapi dengan pengontrolan yang tepat, penyakit ini bukanlah penyakit yang mengkhawatirkan.

Klasifikasi Diabetes Dan Cara Perawatan Penderita Diabetes

Perawatan penderita diabetes sangat bergantung dari jenis diabetes yang diidapnya. Banyak orang kesulitan mendiagnosa jenis diabetes mana yang dia alami. Setidaknya ada empat klasifikasi yang ada, yaitu:

  1. Diabetes tipe 1, Diabetes tipe 1 biasanya didiagnosa pada anak anak dan remaja yang beranjak dewasaimages (9), yang biasa disebut dengan diabetes anak- anak. Hanya 5% penderita diabetes yang memiliki tipe diabetes tipe 1 ini. Pada kasus ini, tubuh tidak memproduksi insulin. Insulin merupakan hormon yang diperlukan untuk merubah gula ataupun jenis makanan lainnya menjadi energi yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari hari. Dengan bantuan suntikan insulin secara teratur dan kontinyu, perawatan penderita diabetes tipe ini, bahkan seorang anak kecil dapat mulai belajar cara mengatur kondisi badan mereka dan dapat hidup lama dengan kehidupan sehat.
  2. Diabetes tipe 2, Seperti yang sudah kita ketahui, diabetes merupakan masalah tingginya kadar gula, lebih 41tinggi dari seharusnya. Diabetes tipe ini juga disebut hiperglikemik. Tipe 2 ini merupakan jenis diabetes yang banyak dialami orang – orang hampir di seluruh dunia. Insulin yang dihasilkan oleh penderita diabetes tipe 2 ini tidak berfungsi seperti seharusnya. Hal ini disebut resistansi terhadap insulin, yaitu kondisi dimana lemak, otot, dan sel pada hati tidak memanfaatkan insulin untuk mengubah menjadi energi. Sebagai hasilnya, tubuh kita memerlukan insulin dalam jumlah besar untuk membantu glukosa memasuki sel tubuh. Pada mulanya, pankreas membuat insulin dalam jumlah yang lebih untuk memenuhi permintaan sel tubuh akan jumlah insulin yang menurun. Tapi lama kelamaan, pankreas tidak mampu membuat jumlah insulin yang cukup saat kadar gula darah dalam tubuh meningkat, yaitu misalnya setelah makan siang.49 Ketidak mampuan pankreas membuat insulin yang cukup inilah yang menyebabkan seseorang mengidap diabetes tipe 2. Perawatan penderita diabetes tipe 2 ini adalah dengan merubah gaya hidup, obat – obatan, dan terapi insulin (jika perlu).

GDM (Gestational Diabetes Melitus) Atau Diabetes Pada Ibu Hamil Dan Perawatan Penderita Diabetes

Diabetes Gestational dapat dialami wanita yang sedang hamil. Wanita hamil menghasilkan hormon yang dapat mengacu pada resistansi insulin seperti layaknya diabetes tipe 2. Seluruh wanita pasti mengalami resistansi insulin menjelang usia kehamilannya yangdownload (20) menua. Saat pankreasnya tidak menghasilkan insulin yang cukup saat hamil, wanita tersebut akan mengalami gestational diabetes.

Wanita yang memiliki berat badan berlebihan atau obesitas, memiliki peluang diabetes gestational lebih besar. Dan juga, peningkatan berat badan yang berlebih pada masa kehamilan dapat meningkatkan resiko diabetes tipe ini.

Jenis Perawatan Penderita Diabetes Dibagi Menjadi 2 Tipe :

Perawatan Penderita Diabetes tipe 1 dan Perawatan Penderita Diabetes tipe 276

Diabetes tipe ini, harus dan wajib mendapatkan suntikan insulin untuk menjaga kesehatannya. Berolah raga juga merupakan komponen penting dalam perawatan penderita diabetes tipe apapun. Dengan mengolah tubuh secara teratur, membuat kadar glukosa dalam darah tetap stabil. Glukosa darah juga dapat meninggi saat atau setelah berolahraga, terutama jika melakukan olahraga intensif yang akhirnya dapat meningkatkan hormon stress. Jika kadar gula tinggi sebelum melakukan olahraga, cek darah atau urine untuk melihat kandungan keton. Jika positif mengandung keton, hindari aktivitas berat. Untuk 7penderita diabetes anak- anak, kita harus mengajarkan anak – anak untuk mengatasi dan melakukan perawatan penderita diabetes jika tidak berada di rumah, karena selama delapan jam anak – anak menghabiskan waktunya di sekolah. Dalam hal ini, kita dapat bekerja sama dengan para guru dan pihak sekolah. Catatan darurat yang dibantu penulisannya oleh dokter yang mengatasi anak kita, misalnya, dapat mempercepat pihak sekolah untuk tanggap dalam menyikapi diabetes yang dialami.

Setiap individu memerlukan perawatan penderita diabetes yang berbeda. Pada diabetes tipe 2, yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan menjaga asupan makan. Konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jadwal menu makan yang terkontrol.

Perawatan Penderita Diabetes Gestationaldownload (21)

Karena diabetes gestational dapat mempengaruhi kesehatan sang ibu dan bayinya, anda harus memulai berkonsultasi mengenaiperawatan penderita diabetes khusus ibu hamil. Perawatan yang dilakukan difokuskan pada menjaga kadar glukosa darah agar sama seperti wanita normal. Jadi wanita hamil diwajibkan mengatur menu makanan yang dikonsumsi dengan memperhatikan kadar gula darah yang terkandung di dalamnya. Cara menjaga kadar gula darah tidak sesulit yang anda bayangkan. Karena sudah banyak metode pengobatan herbal yang melibatkan tumbuh-tumbuhan alami sebagai bahan dasar pembuatannya. Yang baru – baru ini dirilis 103oleh studi Jamaica, jus mengkudu yang dimasukkan ke dalam perawatan insulin pada penderita diabetes melitus sangat efektif mengontrol kadar gula darah.

Publikasi jurnal sudah banyak yang menyatakan bahwa mengkudu (noni) memiliki efek yang sangat baik dan mengejutkan sebagai salah satu perawatan penderita diabetes yang juga aman bagi ibu hamil. Faktanya, studi menyatakan buah noni atau mengkudu yang paling baik kualitasnya adalah buah noni dari Tahiti. Buah Noni di sana sudah ada sejak bertahun tahun dengan cara tradisional dikembangkan untuk
250mendapat kualitas terbaik yang tidak dapat ditiru kualitasnya. Tidak perlu jauh – jauh memesan dari Tahiti, kita bisa membelinya di http://diabetes-melitus.net/daniel/. Situs ini merupakan supplier terpercaya yang menjual TNO juice. Selain aman bagi ibu hamil, TNO juice ini juga layak digunakan sebagai perawatan penderita diabetes dengan memasukkan minuman ini pada jadwal makan sebagai penjaga sistem imun.

012 Post-Ender

Mohon Isi Nama Panggilan Anda

Mohon Isi Email Anda